IHWAL PERBLOGGINGAN TAHUN 2016


Setelah sandang pangan papan, mungkin internet adalah hal yang paling dibutuhkan manusia saat ini. Terdengar berlebihan memang, namun kenyataannya dewasa ini manusia, terutama manusia yang berusia muda, sulit untuk hidup tanpa internet (terutama gue). Perkembangan internet yang semakin pesat mengharuskan kita untuk mengikuti arusnya. Apalagi sekarang-sekarang ini lagi ngehitsnya teknologi 4G LTE yang katanya kecepetan internetnya kenceng.

Bahkan, peristiwa ini benar-benar terjadi di kelasku, seorang yang tidak punya smartphone akan dibully oleh teman-temannya. Memang hanya berbentuk sindiran halus saja sih, tapi tetap saja hal itu menyakiti hati korban bully (kok malah curhat?). Jadi intinya, hampir semua hal sekarang ini sudah beraroma online. Apapun bisa di-online-kan. Mau tidak mau, apa boleh buat, kita juga harus meng-online-kan diri.

Selain sebagai sumber pencari informasi terutama lewat Google dan teman se-gengnya. Internet juga menarik karena ada fasilitas media sosial. Sulit sekali membahas perkembangan internet tanpa mengikutsertakan peran medsos. Menurut gue, ketika berselancar di dunia maya, kebanyakan orang akan lebih memilih ngebuka media-media sosial daripada ngebuka hal lainnya. Selain tetep ngebuka aib mantan, tentunya. Banyak sekali media sosial yang memberikan kesempatan anak muda untuk menunjukkan eksistensinya, mulai dari Facebook, Twitter, Google + dan komplotannya.

Nah, media-media sosial ini mempunyai hubungan korelatif dengan dunia perbloggingan. Blog-blog memang sudah muncul lama, tapi bagi gue pribadi hawa-hawa hitsnya tu baru kerasa beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tidak lain disebabkan peran medsos yang berguna sebagai media untuk membagikan postingan blog kita. Hal yang umum terjadi adalah setelah selesai membuat postingan maka blogger pun akan menge-share tulisannya lewat media sosial.

Semakin banyaknya blogger maka akan berbanding lurus dengan semakin banyaknya komunitas blogger. Banyak sekali komunitas yang ada di Indonesia. Biasanya komunitas blogger itu dibuat berdasarkan daerahnya, kemudian berdasarkan jenis bloggernya, terus banyak juga komunitas blog campur aduk, maksudnya semua blogger boleh masuk komunitas ini, dan komunitas-komunitas blog lainnya.

Membahas blog maka juga harus membahas konten atau isi dari blog. Nah, konten dari blogger yang pernah gue baca kebanyakan adalah blog personal yang ngebahas apa aja yang terlintas di kepalanya. Selain blog personal, banyak juga variasi dari jenis blog yang ada, seperti travel blogger, beauty blogger, parenting blogger, food blogger dan lain-lain. Banyak sekali macam-macam konten dari sebuah blog.

Apalagi sekarang ini platform blog semakin banyak jenisnya. Mulai dari yang gratis seperti blogspot, wordpress, blogdetik bahkan facebook pun mempunyai facebook note yang gunanya tidak jauh beda dengan blog. Selain itu, ada juga blog yang berbayar seperti .com dan web.id. Hal ini semakin memanjakan dan membingungkan para blogger.

Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah tren apa yang akan menjadi hits blog di tahun 2016?
Bagi gue pribadi, yang isi blognya masih nano-nano rame rasanya, maka personal blog masih tetap menjadi andalan. Blog yang isinya campur aduk akan tetap menghiasi jagat perbloggeran tahun ini. Alasannya sederhana, secara realistis dan empiris banyak blogger lebih nyaman untuk menuliskan apa yang ada di pikirannya.

Selain blog personal mungkin jenis blog yang akan mulai dirambah adalah blog yang digunakan sebagai peluang bisnis. Sekarang-sekarang ini banyak perusahaan swasta maupun pemerintah gemar mempromosikan produk/acara mereka melalui buzzer. Tugas buzzer adalah mereview produk/acara yang dibuat instansi terkait.  Jadi selain bisa menjalankan hobi menulis, blogger juga bisa mendapat pemasukan.

Kesimpulannya, menurut gue yang akan menjadi tren  blogger di tahun ini adalah para blogger akan semakin semangat ngeblog karena menjadi blogger saat ini bisa dikatakan hobi yang menjanjikan selain tentunya menyenangkan, apalagi jika kita ngeblog dengan passion kita.

Mari tetap ngeblog wahai para blogger :D

Comments

  1. Wah makin semangat saya ngeblog nih

    @masirwindotcom

    ReplyDelete
  2. Jadi banyak yang bahas pemasukan dari blog, saya kapan :|

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan saya kpan sebenarnya juga berlaku untuk saya :(

      Delete
  3. Duh saya belum kepikiran sampai bisa menghasilkan dari sebuah blog. Terpenting saat ini adalah menjaga konsistensi saya dalam ngeblog dan merawat blognya dulu hehe.

    ReplyDelete
  4. terterik dengan fotonya di atas. filosoff banget...
    "aku berfikir maka aku ada" - Sokrates :D
    "Aku berfikir maka aku ngeBlog" - Blogger

    ReplyDelete
  5. Fotonya juga menggambarkan filosofi blogger. Tulis apa yg kau ingin di tulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, setuju.. Mari menulis sesuai passion kita :D

      Delete
  6. blog nano-nano atau gado-gado apapun menyebutnya masih jadi mayoritas, mungkin karena agak repot jika harus merawat beberapa blog sedangkan satu saja kerap tdk terisi
    *upss..malah curhat :D

    ReplyDelete
  7. Makin semangat ngeblognya!! :)

    ReplyDelete
  8. TOS mas, saya juga masih loyal dengan tema postingan nano. Belum bisa ikut tren

    @ririekayan

    ReplyDelete
  9. Saya juga persona blog yang masih campur aduk kayak nasi padang.. loh.. hahhah

    ReplyDelete
  10. iya ya kenapa yang nggak punya smartphone suka di bully? -_- hidup blog gado-gado :D yang penting nulisnya jujur pake hati dan konsisten aja ya, mengembangkan passion yang dimiliki :D

    @gemaulani

    ReplyDelete
  11. Punya saya masih blog personal yang membahas apa saja yang terlinytas di kepala :-)

    @Leon_Sps

    ReplyDelete
  12. Bahkan, peristiwa ini benar-benar terjadi di kelasku, ===> better emang kelas berapa? Eh,

    @ahliahcitra

    ReplyDelete
  13. semoga pada sukses semua untuk blogger indonesia

    ReplyDelete
  14. masuk tren monetize blog juga kalau soal review-review gitu. Ngelakuian hobi dan malah dapat pemasukan kan enag. :D

    ReplyDelete
  15. blog personal sekarang juga banyak dilirik
    asal tulisan berkualitas kayaknya tetap akan menarik minat pembaca dan juga pengiklan hehee
    @chikarein

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh,, udah mulai dilirik ya..
      jadi ada peluang nih :D #ngarep

      Delete
  16. Bener Bro, medsos jadi alat marketing tulisan kita.
    Gak seru kalau tulisan kita gak dibagi.
    @rizalarz

    ReplyDelete
  17. Blog dan media sosial adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang bang :D cara terbaik agar blog terkenal yang dengan sosial media :3

      Delete
  18. mihihihiiiii... internet udah kayak "oksigen" yak

    bukanbocahbiasa(dot)com
    twitter : @nurulrahma

    ReplyDelete
  19. Internet udah jadi kebutuhan banget :D hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts